Pesantren Miftahul Yaqinil Huda Tasikmalaya (Leuwidahu)

Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda adalah sebuah pondok pesantren salafiah yang merupakan pesantren cabang dari Ponpes Miftahul Hud...

Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda adalah sebuah pondok pesantren salafiah yang merupakan pesantren cabang dari Ponpes Miftahul Huda Manonjaya yang didirikan oleh Alm. K.H Khoer Affandi rahimahullah.Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda beralamatkan di Jalan Leuwidahu-Parakannyasag-Indihiang-Tasikmalaya. Pesantren ini didirikan sekitar tahun 1897 (15 tahun yang lalu) yang sampai saat ini terus berkembang pesat menjadi pesantren yang cukup besar. 

Awalnya, pesantren yang dipimpin dan didirikan oleh H. Taufiq M.A dan Hj. Ai Wasilah ini bukan sebuah pesantren besar. Akan tetapi dengan kegigihan dan perjuangan beliau untuk menegakkan syariat Islam khususnya di daerah Tasikmalaya akhirnya berdirilah pesantren Miftahul Yaqinil Huda yang telah mengalami tiga kali perubahan namadari Nurul Huda, Miftahul Yaqin, kemudian Miftahul Yaqinil Huda.
           Saat ini Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda termasuk salah satu pesantren yang memiliki jumlah santri yang cukup banyak di daerah Tasikmalaya dibandingkan dengan pesantren-pesantren yang lain. Ada sekitar seratus lima puluh orang lebih santri yang nyantren di pesantren ini baik yang berasal dari Tasikmalaya maupun dari luar daerah. Tapi yang paling mendominasi adalah santri tasik yang berdomisili dari daerah-daerah Selatan seperti Taraju, Bojonggambir, Salopa, dsb.
Kajian-kajian Islam yang dipelajari di pesantren ini cukup beragam mulai dari ilmu Nahwu, Shorf, Tauhid, Fiqh, Tasawuf, Al-qur'an, Tafsiril ayat, Hadist, Ushul fiqh, Faroid, Mantiq, dsb yang semuanya mengacu pada kitab kuning karangan ulama-ulama terkenal seperti Imam Nawawi, Syeh Ibrohim Al Bajuri, dsb. Kitab-kitab yang dipelajari menurut tingkatan gradenya antara lain :
Nahwu : Jurumiyah, Shorf, Alfiah
Tauhid : Tijan Darori, Majmu'atul aqidah, Kifayatul Awwam, Jauhar Tauhid, Khoridatul Bahiyyah, Ummul Barohin
Fiqh : Safinah, Riyadul Badi'ah, Bajuri, I'anah
Tasawuf : Sulamuttaofiq, Kifayatul Atqia, Riyadussolihin, dsb.
Grade tertinggi : Jam'ul Jawami, Goyatul wushul, Asybah Wannadhoir
Selain itu, pesantren ini memiliki sistem pendidikan yang di klasifikasikan kedalam tujuh kelas utama (disesuaikan dengan kemampuan santri dalam bidangnya) yaitu : 
- Kelas Jurumiyah
- Kelas Shorof
- Kelas Alfiyyah
- Kelas Faroid
- Kelas Mantiq
- Kelas Jauhar Maknun
- Kelas Uqudul  Juman (Ma'had Ali)
Selain kelas utama, ada juga kelas Ibtida/pemula yakni TK Miftahul yaqinil Huda. 
       Sebagai lembaga pendidikan, tentunya pesantren ingin menjadi sebuah tonggak yang dapat menegakkan ilmu dengan penuh keikhlasan. Dan yang menjadi motto Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda adalah "Al-'Ilmu bitta'lim wal 'amal bil-ikhlas". Prinsip ini tetap dipertahankan hingga kini dan dibuktikan dengan adanya berbagai aturan kedisiplinan yang baik akan tetapi ikhlas. Maksudnya santri PPMYH atau lebih dikenal dengan sebutan santri Leuwidahu ini diberi aturan kebebasan dalam hal biaya. Artinya , di Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda TIDAK ADA WAJIB BAYAR bagi setiap santrinya. Akan tetapi santri hanya diberi aturan bekal "sekemampuan orang tua masing-masing". Bahkan hanya dengan motivasi dan dorongan ingin mengaji saja pesantren Leuwidahu MENERIMA umat/orang Islam yang ingin mengkaji ilmu agama Islam dengan lebih mendalam. Betapa mulianya prinsip itu.
Semoga Pondok Pesantren Miftahul Yaqinil Huda bisa tetap mempertahankan eksistensinya dalam pendidikan dan penyebaran syariat Islam sampai akhir zaman.

Oleh :

Yanti Kusumawardani
Alfiyyah Class 

COMMENTS

Nama

Agenda Bulanan Agenda Harian Agenda Mingguan Agenda Tahunan Alumni Pendaftaraan PPMYH Rihlah
false
ltr
item
PPMYH: Pesantren Miftahul Yaqinil Huda Tasikmalaya (Leuwidahu)
Pesantren Miftahul Yaqinil Huda Tasikmalaya (Leuwidahu)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiU47vGdXgdLbr0WRP_bxqBP3Li_mX-y9ctSoVFb8wqIersBO2wy6qOl2PKoUTCZ1oiV_mzAL01ujEdF07NoIHtt2TLhdgH0Y6ko5URxjrUYrVrLl77sGtEC9FNZuU5ROI6pFssiQtos5JZ/s320/IMG_1581.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiU47vGdXgdLbr0WRP_bxqBP3Li_mX-y9ctSoVFb8wqIersBO2wy6qOl2PKoUTCZ1oiV_mzAL01ujEdF07NoIHtt2TLhdgH0Y6ko5URxjrUYrVrLl77sGtEC9FNZuU5ROI6pFssiQtos5JZ/s72-c/IMG_1581.JPG
PPMYH
http://pp-myh.blogspot.com/2014/12/pesantren-miftahul-yaqinil-huda.html
http://pp-myh.blogspot.com/
http://pp-myh.blogspot.com/
http://pp-myh.blogspot.com/2014/12/pesantren-miftahul-yaqinil-huda.html
true
6853569202872440945
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy